ABSTRAK ( Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa )
Baca juga bagian (BAB 1) Skripsi ini klik DISINI
Baca Semuanya DISINI
ABSTRAK
Hasan, Zainul, 2013. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di Ma Ma’arif Nu Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2016-2017. Skripsi Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Syarifuddin Wonorejo-Lumajang. Dosen pembimbing: H. Mohammad Darwis, M.Pd.
Kata Kunci : Strategi, kepala sekolah, kacerdasan spiritual.
Peserta didik yang menduduki Madrasah Aliyah (MA) dikatakan masuk masa remaja yang merupakan masa pancaroba, penuh dengan kegelisahan dan kebingungan. Keadaan tersebut lebih disebabkan oleh pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, terutama dalam hal fisik, perubahan dalam pergaulan sosial, perkembangan intelektual, adanya perhatian dan dorongan lawan jenis. Pada masa ini, remaja juga mengalami permasalahan-permasalahan yang khas, seperti dorongan seksual, interaksi kebudayaan, pertumbuhan pribadi dan sosial, kesehatan dan agama. Maka bermula dari kesadaran MA Ma’arif NU Nurul Islam Bades untuk membendung permasalahan tersebut dengan melalui penanaman kecerdasan spiritual, yang salah satunya dengan memberikan contoh atau pembiasaan-pembiasaan terhadap pesrta didik agar peserta didik tidak terjerumus dalam dunia pergaulan yang salah dan berada dijalan yang diridhoi oleh Allah SWT.
Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di MA Ma’arif NU Nurul Islam Bades Tahun Pelajaran 2016-2017?; 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan dalam meningkatakan kecerdasan spiritual siswa di MA Ma’arif NU Nurul Islam Bades Tahun Pelajaran 2016-2017?
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatakan kecerdasan spiritual siswa Di MA Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2016-2017; 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatakan kecerdasan spiritual siswa Di MA Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2016-2017.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun dalam pengumpulan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode, diantaranya metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif dan validasi data menggunakan metode triangulasi
Adapun kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di MA Ma’arif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang di antaranya: 1) Berjabat tangan setiap pagi sbelum memasuki lingkungan sekolah dan sebelum pulang sekolah. 2) Membaca al-Qur’an sebelum pelajaran di mulai. 3) Membaca do’a saat memulai pelajaran dan mengahiri pelajaran. 4) Melaksanakan sholat dhuha berjama’ah di musholla 5) Melaksankan sholat dhuhur berjama’ah di musholla. 6) Pengumpulan dana sosisal setiap minggu. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat penerapan dalam meningkatakan kecerdasan spiritual siswa di Ma Ma’arif NU Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang adalah: 1) Faktor pendukung kecerdasan spiritual yang meliputi, Fasiltas yang memadai, mayoritas siswa yang berasal dari keluarga santri dan bertempat tinggal di lingkungan yang islami, progam sekolah yang mendukung penignkatan kecerdasan spiritual siswa,partisipasi semua pihak dan wali murid dalam melaksnakan peningkatan kecerdasan spiritual siswa. 2) Faktor penghambat dalam meningkatkan kecerdasan spiritual yang meliputi, pihak madrasah tidak bisa memantau kegiatan siswa sehari-hari, asumsi yang salah dari sebagian pihak wali siswa, lingkungan bermain siswa yang tidak mendukung ketika berada di luar madrasah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berikan Komentar anda di bawah ini, sesuai apa yang anda baca