Klik disini

17/09/2020

Penerapan metode pembelajaran bervariasi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran PAI kelas X MIPA (ABSTRAK)

 Penerapan metode pembelajaran bervariasi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran PAI kelas X MIPA (ABSTRAK)

 


ABSTRAK

Penerapan metode pembelajaran bervariasi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran PAI kelas X MIPA 5 di SMA Negeri Pasirian


DPL                   : Drs. Dwi Nirwana


Guru Pamong   : Bpk. Mochammad Kowim, S.Ag


Kata Kunci : Metode bervariasi dan Keaktifan Belajar Siswa.


            Media mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh seorang guru atau instruktur. Teknik lain ialah teknik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran pada siswa di dalam kelas, baik secara individual maupun secara kelompok/ klasikal agar pelajaran itu dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik. Makin baik metode mengajar, makin efektif pula pencapaian tujun.


            Di dalam kenyatanya, cara atau metode mengajar yang digunakan menyampaikan informasi berbeda dengan cara yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap (kognif, psikomotorik, afektif). Khusus metode mengajar dalam kelas, efektifitas suatu metode dipengaruhi oleh tujuan, faktor siswa, faktor situasi, dan faktor guru itu sendiri.


Metode bervariasi merupakan metode yang didalamnya terdapat berbagai macam metode diantaranya: Metode ceramah, metode tanya jawab, Metode diskusi, metode demontrasi, metode pemberian tugas dan metode ceramah plus (Metode Bervariasi)


            Dengan metode ini setidaknya guru memanfaatkan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh para siswa, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyalurkan kemampuan masing-masing, untuk memperoleh umpan balik (feed back) dari siswa, dan membantu siswa unutk belajar berfikir teoritis dan praktis, serta membantu siswa belajar menilai kemampuan dan peranan diri sendiri maipun teman-temanya, Menciptakan suasana yang kondusif dan cendrung rekreatif dan mengembangkan motifasi untuk belajar lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar anda di bawah ini, sesuai apa yang anda baca